Vinculos patrocinados

Cari Blog Ini

Keluarga Ubuntu

Senin, 14 Maret 2011
ubuntu-logo
Hari gini siapa sich yang nggak kenal ubuntu…? Distro linux terlaris versi distrowatch.com ini ternyata memiliki banyak turunan dalam keluarganya. Tentunya Ubuntu tidak sembarangan membuat banyak sekali produknya tersebut, karena dari masing-masing produk tersebut memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Berikut perbedaan dan fungsi masing-masing produk ubuntu tersebut.

UBUNTU
Distro linux turunan dari varian Debian yang terbesar saat ini, Ubuntu menggunakan GNOME sebagai desktop environmentnya. Official site: http://ubuntu.com

KUBUNTU
Kubuntu adalah turunan resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai desktop environment, bukan GNOME sebagaimana yang digunakan pada Ubuntu. Selain itu, hampir tidak ada perbedaan yang mencolok dari keduanya. Bahkan antara Ubuntu dan Kubuntu berbagi software repository yang sama. Spesifikasi hardwarenya pun tidak jauh berbeda.
Official site: http://kubuntu.org

XUBUNTU
Official derivative Ubuntu yang menggunakan desktop environment Xfce, dirancang sebagai Ubuntu minimalis. Cocok untuk pengguna yang memiliki spesifikasi hardware komputer yang lebih rendah, atau yang menginginkan efisiensi dan kecepatan. Merangkum aplikasi-aplikasi primer GNOME dan menghilangkan sebagian fungsi dan aplikasi yang memberatkan system.
Official site: http://www.xubuntu.org

EDUBUNTU
turunan resmi ubuntu yang telah didesain khusus untuk keperluan pendidikan. Didalamnya memuat secara default perangkat lunak aplikasi untuk pendidikan. Edubuntu ini dikembangkan untuk membantu para guru dengan pengetahuan teknis dan skill komputer yang terbatas untuk membuat sebuah lab komputer atau menciptakan dan mengelola sebuah online learning environment.
Official site: http://www.edubuntu.org

GOBUNTU
Ditujukan khusus untuk para pengguna advanced, atau dengan level kemampuan sebagai developer dan pengembang system yang berniat untuk remastering sendiri OSS berbasis Ubuntu.Pengguna pemula tidak disarankan untuk menggunakan Gobuntu, mengingat tingkat kesulitan dalam penggunaannya yang lebih tinggi, serta menuntut pengetahuan dan pemahaman lebih atas sistem operasi Linux. Dalam Gobuntu, pihak Ubuntu hanya menyediakan perangkat lunak open source non-restricted dan menyertakan full source untuk semua firmware, driver, dan aplikasi yang terinstall di dalamnya untuk memberi kesempatan bagi pengembang melakukan modifikasi program dan mendistribusikan kembali.

MYTHBUNTU
Mythbuntu adalah sistem kombinasi yang merupakan turunan dari Ubuntu dan MythTV. Mengikuti prinsip kerja yang digunakan KnoppMyth (Knoppix – MythTV) dan MythDora (MythTV – Fedora), Mythbuntu didesain untuk mempermudah instalasi MythTV pada perangkat home theater PC.
Official site: http://www.mythbuntu.org

UBUNTU STUDIO
Merupakan turunan Ubuntu yang dirancang khusus untuk pengguna dari kalangan profesional dalam kreasi dan multimedia editing. Ubuntu studio menyertakan aplikasi-aplikasi multimedia open source secara built-in di dalam sistemnya

UBUNTU JeOS
sistem operasi yang memiliki konsep sebagai varian dari Ubuntu yang efisien dan dikonfigurasi untuk keperluan Virtual Appliances. Just Enough Operating System.

UBUNTU SERVER
sistem operasi Ubuntu untuk melayani kebutuhan komputasi skala server. Ubuntu server menyediakan platform yang terintegrasi dengan baik yang akan memudahkan anda melakukan deploy server dengan fasilitas layanan internet standar: mail, web, DNS, file-serving hingga manajemen database

UBUNTU MOBILE EDITION
Versi portable sistem operasi Ubuntu untuk platform mobile internet devices. Ubuntu mobile edition merupakan sistem fully open source yang menjanjikan pengalaman mengesankan dalam menggunakan teknologi web 2.0 lewat perangkat mobile: web browsing, email, media, digital camera, VoIP, instant messaging, GPS, blogging, digital tv, games, contacts, dates/calendar, simple software updates … dan seterusnya 

Mungkinkah masih ada keluarga yang masih belum terdaftar…?

0 komentar:

Posting Komentar